Gerbang Suling Desa Sukakarsa

Sukakarsa-Suling (Subuh Keliling) adalah Kegiatan shalat subuh berjamaah keliling ke setiap mesjid yang ada di wilayah Desa Sukakarsa. Suling merupakan program Polsek Kecamatan Sukarame yang bekerja sama dengan Kepala Desa. Selain shalat subuh, kegiatan ini diisi dengan tausiyah.

Menurut istilah shalat adalah serangkaian ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Rosululloh Shallallohu’alaihi wasallam, menganjurkan kita untuk shalat berjamaah, karena pahalanya berlipat ganda dan memiliki banyak keutamaan yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sosial.

doc. shalat subuh di masjid al-hasan kp. bongas.

Untuk memotivasi kita melaksanakan shalat subuh berjamaah, ada beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan, sebagaimana yang telah ditulis oleh Drs. H. Ahmad Yani dalam situsnya http://poskotanews.com/2018/06/07/keutamaan-subuh-berjamaah/ diantaranya: Pertama, Dalam Perlindungan Allah swt, ini merupakan sesuatu yang amat kita dambakan, karena orang yang dilindungi-Nya akan membuat manusia selamat dari keburukan dan kejahatan yang mungkin dilakukannya sehingga dengan demikian ia akan selalu melakukan kebaikan. Selain itu, perlindungnan juga akan diperoleh dalam arti terhindar dari kejahatan orang lain sehingga orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan memperoleh keselamatan dalam hidup di dunia dan akhirat. Keutamaan kedua dari shalat subuh berjamaah adalah memperoleh nilai pahala yang amat besar yang digambarkan seperti orang yang shalat semalam suntuk. Ketiga yang merupakan keutamaan shalat subuh berjamaah adalah Memperoleh Cahaya Yang Sempurna di hari kiamat.

doc. silaturrahmi gerbang suling bersama tokoh agama setempat.

Bapak Ahmad Suherman, SH yang mewakili Bapak Kapolsek kec sukarame mengatakan Gerbang Suling berjamaah selain untuk melaksankan kewajiban sebagai umat islam, tetapi untuk memperkokoh persatuan warga masyarakat Desa Sukakarsa dan menumbuhkan kedekatan Polri dan Masyarakat.

Shalat berjamaah adalah kewajiban setiap muslim, dengan membiasakan shalat berjamaah secara rutin hubungan  silaturrahmi antar masyarakat akan semakin erat dan lebih terjaga.” Ujarnya.

Ibu kepala Desa Sukakarsa berharap Gerbang Suling ini bisa di ikuti oleh semua kalangan masyarakat, karena berawal dari kewajiban menjadi satu kebiasaan untuk mencapai Sukakarsa yang Religi. Sebagaimana yang tercantum dalam Visi Desa Sukakarsa yakni menjadikan masyarakat yang beriman dan taqwa.“Alhamdulillah dengan gerbang suling ini selain kita melakasanakan kewajiban, saya bisa mengenal lebih jauh keadaan lingkungan dan masyarakat, karena saya memiliki prinsip bahwa prilaku seseorang dilihat dari cara ibadahnya.” tuturnya. Selasa (06/11/2018). Delis

 

 

Dokumentasi Gerbang Suling Desa Sukakarsa Kecamatan Sukarame

doc. Ibu Kepala Desa berfoto bersama imam besar mesjid Al-Hikmah
doc. tausiyah setelah pelaksanaan shalat subuh berjamaah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan