Kegiatan Posyandu Hebras Dusun 02 Desa Sukakarsa

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia).

Manfaat Posyandu Bagi Masyarakat

  1. Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita;
  2. Pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi;
  3. Bayi dan anak balita mendapatkan kapsul Vitamin A;
  4. Bayi memperoleh imunisasi lengkap;
  5. Ibu hamil akan terpantau berat badannya dan memperoleh tablet tambah darah (Fe) serta imunisasi Tetanus Toksoid (TT);
  6. Ibu nifas memperoleh kapsul Vitamin A dan tablet tambah darah (Fe);
  7. Memperoleh penyuluhan kesehatan terkait tentang kesehatan ibu dan anak;
  8. Apabila terdapat kelainan pada bayi, anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui dapat segera diketahui dan dirujuk ke puskesmas;
  9. Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu, bayi, dan anak balita;
  10. pengalaman dengan sesama Mama.

Kegiatan Pelayanan di Posyandu

Kegiatan Posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan/pilihan. Kegiatan utama, mencakup:

  1. Kesehatan ibu dan anak;
  2. Keluarga berencana;
  3. Imunisasi;
  4. Gizi;
  5. Pencegahan dan penanggulangan diare.

Manfaat Posyandu Bagi Kader

  1. Mendapatkan berbagai informasi kesehatan lebih dahulu dan lebih lengkap;
  2. Ikut berperan secara nyata dalam perkembangan tumbuh kembang anak balita dan kesehatan ibu;
  3. Citra diri meningkat di mata masyarakat sebagai orang yang terpercaya dalam bidang kesehatan
  4. Menjadi panutan karena telah mengabdi demi pertumbuhan anak dan kesehatan ibu

Sumber : Ayo ke POSYANDU Setiap Bulan, Pusat Promosi Kesehatan, Tahun 2012

doc. Kegiatan Posyandu Hebras pemberian suntik vaksin difteri oleh bidan desa dan ketua  kader posyandu

Kamis, (08/11/2018). Posyandu Hebras Kampung Sindangsari Dusun 02 Desa Sukakarsa, telah melaksanakan ORI (outbreak response immunization), ORI adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan transmisi penularan penyakit difteri pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun yang tinggal di daerah kejadian luar biasa (KLB) tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Dengan mendapatkan imunisasi ulang difteri, antibodi anak meningkat, risiko terkena penyakit yang bisa mematikan ini pun menurun. Pelaksanaan ORI di wilayah KLB diperlukan segera karena penyakit difteri itu sangat menular. Penularan bakteri ini melalui percikan ludah saat bersih atau batuk. Selain itu, penyakit ini pun bisa berakibat fatal yakni kematian. https://www.liputan6.com/health/read/3191990/tak-perlu-ragu-ini-manfaat-anak-ikut-imunisasi-ulang-difteri.

Doc: kegiatan konsultasi masyarakat bersama bidan desa tentang imunisasi difteri

Menurut ketua posyandu Hebras, Ibu Rini Juantini, S.Pd. Kegiatan posyandu ini dilakukan secara rutin setiap bulannya pada minggu kedua, yang melibatkan seluruh kader posyandu dan bidan Desa. Selain kegiatan imunisasi, warga yang datang pun diberikan sosialisasi mengenai ORI difteri, sehingga semua warga memiliki pemahaman yang cukup utuk meneruskan informasi ini kepada warga lainnya. Dengan adanya imunisasi difteri ini bisa mengurangi  penyebaran virus dan membantu mewujudkan masyarakat sehat. Apalagi di musim hujan seperti ini, mayarakat akan sangat mudah untuk terserang penyakit terutama anak-anak (Bayi & Balita). Selain pemberian imunisasi difteri, bayi dan balita pun ditimbang untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan, yang kemudian hasilnya dicatat dalam buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), makan akan terlihat berat badannya naik atau tidak naik.

doc. kegiatan penimbangan berat badan bayi dan balita oleh salah satu kader posyandu hebras desa sukakarsa

Kegiatan posyandu dilakukan pada minggu kedua setiap bulanya tepatnya pada hari selasa, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi bayi dan balita yang ada di wilayah kampung Sindangsari. Apalagi di musim penghujan seperti ini mudah terserang penyakit, baik orang dewasa maupun anak-anak. kami selaku kader posyandu memiliki prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati.  untuk Kegiatan posyandu kali selain kegiatan rutin, seperti penimbangan berat badan bayi dan balita kami menyelenggarakan ORI (outbreak response immunization)”. Ujarnya.

 

 

doc. monitoring ibu kepala desa sukakarsa ke posyandu hebras

Dalam kegiatan tersebut hadir pula ibu Kepala Desa ( Lilis Roslina), Beliau Memberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih yang besar kepada para Kader dan Bidan Desa Karena sudah membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan bayi dan balita dan Imunisasi difteri ini harus dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit di wilayah Desa Sukakarsa.

Alhamdulillah ditengah keterbatasan, kader-kader Posyandu di Desa Sukakarsa aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat  terutama untuk bayi dan balita”. Ujarnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan