Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Dana Desa Tahap III Desa Sukakarsa oleh Tim Monev Kecamatan Sukarame.

 doc. Tim gabungan saat melakukan monev pengerjaan pembangunan gedung olahraga dari Dana Desa tahap III.

Penerapan PP 39/2006, tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, merupakan upaya untuk menjawab dan memenuhi tantangan dan kebutuhan melaksanakan siklus manajemen pembangunan secara utuh. Tersedianya sistem monitoring dan evaluasi (Monev) yang handal dapat membantu menghimpun informasi capaian kinerja secara lengkap dan cepat. Informasi capaian kinerja yang lengkap dapat menjadi masukan bagi proses pengendalian pelaksanaan program/kegiatan pembangunan, serta bagi umpan balik terhadap tahap perencanaan selanjutnya. Sistem Monev yang handal diharapkan akan juga dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan untuk fase selanjutnya. Program dan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan (Renja-KL dan RKA-KL) harus terus dipantau pelaksanaan selama Tahun Anggaran berjalan.

doc. Tim gabungan dalam monitor pengerjaan fisik DD tahun 2018.

Sistem Monitoring dan Evaluasi kinerja pembangunan, khususnya terhadap program dan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan perlu terus dikembangkan agar lebih bermanfaat bagi manajemen pembangunan. Penyempurnaan mekanisme dan pelaporan Monitoring dan Evaluasi, secara langsung mengharuskan terpenuhinya dokumen perencanaan yang berkualitas dan dapat dievaluasi.

Tujuan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan, antara lain:

  • Untuk menjamin terlaksananya kebijakan, program dan proyek sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan (on Track – on Schedulle) (M);
  • Agar ada umpan balik terhadap kebijakan, program dan proyek, untuk diteruskan dilanjutkan dengan perbaikan atau dihentikan (M/E);
  • Untuk membantu pemangku kepentingan belajar lebih banyak mengenai kebijakan, program dan proyek  (E);
  • Agar  kebijakan, program dan proyek mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana publik (akuntabilitas) (E).

Sumber : https://e-monev.bappenas.go.id/emonev/kontak

Photo dokumentasi lapangan.

Jumat (16/11/2018) Monitoring dan Evalusi Pembangunan tahap III  Desa Sukakarsa telah berlangsung kemarin siang, dengan dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bapak Endang Lily, Pendamping DesaTeknik Infrastruktur (PDTI) Bapak Waryo Hendarsyah, Kasi Kententraman dan keteriban (TRANTIB) Bapak Iwan Kecamatan Sukarame dan Pendamping Lokal Desa Sukakarsa Ibu Elin Herlina.

Monitoring dan Evalusi terhadap kegiatan fisik Dana Desa yang berseumber dari APBN Tahun 2018 tidak hanya berlangsung di Desa Sukakarsa saja, tetapi seluruh desa yang ada di Kecamatan Sukarame, yakni Desa Padasuka, Desa Wargakerta, Desa Sukarapih, Desa Sukarame dan Sukamenak.

Dari pantauan di lapangan, tinjauan yang dilakukan di Desa Sukakarsa, di mana pemeriksaan dilakukan pada satu titik yaitu Pembangunan Gedung Serbaguna. Pemeriksaan sendiri dilakukan secara detail, mulai dari kedalaman dan ketebalan pondasi bangunan, kwalitas bahan dan cara pengerjaan. Hal ini untuk memastikan seluruh pengerjaan dan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa berjalan dan sesuai dengan Perencanaan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kedatangan tim Monitoring dan Evaluasi dari kecamatan sukarame, Alhamdulillah pengerjaan Pembangunan Dana Desa Tahap III untuk Gedung Serbaguna bisa terlaksana dan berjalan dengan kondusif sesuai dengan apa yang diharapkan, pekerja diberlakukan bergilir untuk mencapai pemerataan, terkecuali tenaga ahli (Tukang), dengan harapan masyarakat bisa ikut andil dalam pembangunan dan untuk memenuhi terserapnya 30% Dana Desa yang diperuntukan untuk honor Harian Orang Kerja (HOK).” Kata Ketua TPK Ilin Sahilin Saat diwawancara di halaman belakang kantor Desa, Sukakarsa (15/11/2018).

Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan ini bertujuan untuk memastikan apakah pembangunan tersebut dilakukan sesuai dengan efektivitas pelaksanaan tugas dan fugsi sesuai dengan apa yang ada di dalam pengajuan.

doc. Ibu kepala desa beserta tim gabungan kec. sukarame.

“saya memberikan apresiasi kepada Penerintah desa dan Tim TPK Desa Sukakarsa yang telah merealisasikan Dana Desa Tahap III untuk pembangunan gedung serbaguna sesuai dengan apa yang diajukan, untuk pengerjaan pembangunan ini bisa dikatakan cukup cepat, dan perlu diingat bahwa 30% dari Anggaran dana Desa diperuntukan untuk honor Harian Orang Kerja (HOK).” Kata Bapak Endang saat monitoring di Kantor desa,Sukakarsa (15/11/2018).

Menurut Bapak Endang selaku Ketua Tim Monitoring mengatakan bahawa pengerjaan Pembangunan di Desa Sukakarsa terbilang cukup cepat, karena Dana Desa tahap III ini harus terealisasi sampai akhir tahun, dan untuk bahan evaluasi dari kegiatan pembangunan tersebut 30% dari total Anggaran Dana Desa ini harus terserap untuk honor Hari Orang Kerja (HOK). Selain itu, beliau mengingatkan kepada seluruh Desa untuk berhati-hati dalam penggunaan dan pengelolaan Dana Desa.

Pemerintah Desa Sukakarsa berharap Pembanguna ini berjalan lancar, agar secepatnya dapat dirasakan  manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat desa sukakarsa. (haldi trisnahadi).

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan